Unknown Unknown Author
Title: Rapat Paripurna Istimewa DPRD Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke 234 Tahun 2018
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Bukittinggi.info            DPRD kota Bukittinggi mengelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Memperingati Hari Jadi Kota (HJK) Buk...
Bukittinggi.info           
DPRD kota Bukittinggi mengelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Memperingati Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke 234 tahun 2018. Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Bukittinggi Beny Yusrial, S.IP dan dihadiri Walikota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH dan Wakil Walikota H.Irwandi, SH, Wakil Ketua dan anggota DPRD, Perwakilan dari Pemprov. Sumatera Barat, anggota DPR RI, Ir.Mulyadi dan Ade Rizki Pratama, SE, anggota DPD RI, Hj.Emma Yohana, mantan Walikota Bukittinggi, H. Drs. Djufri dan H. Ismet Amzis, SH, Walikota dan Bupati se Sumbar, Sekda, Asisten, seluruh Kepala SOPD, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, seluruh ASN di lingkungan Pemko Bukittinggi dan ratusan tamu undangan lainnya, yang dilaksanakan di Balai Sidang Hatta, Kamis (20/12).


Ketua DPRD Kota Bukittinggi Beny Yusrial, S.IP mengatakan, bahwa Sidang Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka Hari Jadi Kota pada tahun ini kita percepat pelaksanaannya menjadi hari ini tanggal 20 Desember, berhubung pada tanggal 22 Desember Kota Bukittinggi juga mendapat kehormatan sebagai tuan rumah peringatan Hari Ibu Tingkat Nasional ke 90 tahun 2018.

Setiap tahun selalu kita peringati Hari Jadi Kota, moment ini bukanlah sekedar mengulang-ngulung peristiwa bersejarah dan meningat kronologis kota, namun peringatan hari jadi kota akan jauh lebih bermakna jika peringatan ini kita jadikan moment Untuk melakukan koreksi, introspesi dan evaluasi.
“Dengan sikap yang arif bijak kita lakukan koreksi dan kita perbaiki tata kehidupan yang terjadi di kota Bukittinggi ini, sehingga mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsive dengan tantangan kedepan,”kata Beny Yusrial.

Beny Yusrial mengapresiasi kinerja pemerintah kota dalam membangun kota Bukittinggi. Apalagi sejak dua tahun terkahir, beberapa perubahan mulai dirasakan oleh masyarakat, khususnya di bidang infrastruktur. Kami atas nama DPRD dan masyarakat kota Bukittinggi, berterima kasih atas upaya yang dilakukan selama tiga tahun terakahir dibawah kepimpinan Ramlan Nurmatias - Irwandi. Hal ini diharapkan dapat dipertahankan dan dapat dilanjutkan dalam sisa kepemimpinan  pada periode 2016-2020.
“DPRD juga telah melakukan koordinasi yang harmonis dengan pemerintah kota untuk bersama-sama membangun kota Bukittinggi. DPRD siap membantu dan mendukung setiap pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,”ujar Beny.

Ketua DPRD menjelaskan, kami di dewan, disisa masa jabatan kami yang sudah hampir lima tahun berjalan, akan terus bekerja maksimal sebagai tugas kami di parlemen, baik dari segi pengawasan, penganggaran dan legislasi. Setiap kegiatan dan program pemerintah akan kita dukung dengan penganggaran, pekerjaannya pun akan tetap diawasi bersama dan kami siap bersama pemko untuk membuat payung hukum.
Selama satu tahun terakhir, DPRD telah menyelesaikan pembahasan 18 ranperda. Pada tahun 2019 mendatang, juga telah direncanakan pembahasan 22 ranperda. Selain itu, DPRD selama lebih lima tahun terakhir, telah banyak melaksanakan kegiatan sesuai dengan tiga fungsinya.

Sebagai manusia biasa, dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh rakyat, belum sepenuhnya memenuhi keinginan atau aspirasi dari masyarakat Bukittinggi. Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya kepada masyarakat Kota Bukittinggi dan menyampaikan terimakasih yang tulus atas dukungannya, baik yang sudah kami lakukan, sedang dilaksanakan atau yang akan dilaksanakan.

Dalam suasana memperingati Hari Jadi ke 234 Kota Bukittinggi tahun 2018 ini, kami atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Bukittinggi mengucapkan Dirgahayu Kota Bukittinggi dan selamat Hari Ibu ke 90 tahun 2018,”jelas Ketua DPRD termuda itu.

Pada rapat paripurna itu, Wakil Ketua DPRD Yontrimansyah, SE membacakan kronologis penetapan Hari Jadi Kota Bukittinggi. Dimana pengakuan kota Bukittinggi, berawal dari sejarah yang cukup panjang. Penentuan hari jadi suatu kota sangat penting artinya, baik bagi warga masyarakatnya maupun bagi kota itu sendiri.
Bagi Pemerintah Kota Bukittinggi arti hari jadi bertujuan untuk mengetahui landasan historis kehidupan kota bagi memahami nilai-nilai ideal yang terkandung dalam pengalaman sejarahnya, memperoleh identitas kehadiran kota di pentas sejarah perkembangan bangsa secara keseluruhan, dan   memperoleh landasan ideal dalam merintis perkembangan kota selanjutnya.

Berdasarkan persetujuan DPRD Kota Bukittinggi dengan Surat Keputusan No.10/SK-II/DPRD/1988 tanggal 15 Desember 1988, akhirnya Pemerintah Daerah dengan Surat Keputusan walikota Kepala Daerah Kota Bukittinggi No. 188.45-177-1988 tanggal 17 Desember 1988 menetapkan Hari Jadi Kota Bukittinggi tanggal 22 Desember 1784.
Penetapan hari jadi kota, hendaknya dapat mempersatukan berbagai unsur masyarakat kota yang semakin heterogen. kata Yontrimansyah.(fadhil)
Selanjudnya baca juga :  Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke 234 Tahun 2018 “Momentum Untuk Evaluasi Diri dan Kinerja”
 
Top