Unknown Unknown Author
Title: Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke 234 Tahun 2018 “Momentum Untuk Evaluasi Diri dan Kinerja”
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Bukittinggi.info            Walikota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH menjelaskan, momen Hari Jadi Kota, merupakan momentum untuk eval...
Bukittinggi.info           
Walikota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH menjelaskan, momen Hari Jadi Kota, merupakan momentum untuk evaluasi diri dan kinerja. Selama kurang lebih tiga tahun kepemimpinannya, sudah banyak perubahan yang dilakukan, baik infrastruktur maupun administrasi kemasyarakatan, pembangunan dan pemerintahan. Sebagai hasil nyata dari usaha-usaha tersebut, bahwa masyarakat dan pengunjung kota telah dapat menikmati suasana yang semakin nyaman dan semakin menunjukkan keramahan wajah Kota Bukittinggi.


Selanjutnya pada tahun ketiga ini, setelah menyelesaikan semua tahapan penganggaran dan perencanaan pada tahun pertama dan kedua, beberapa kegiatan pembangunan strategis yang telah dicantumkan dalam RPJMD Kota Bukittinggi 2016-2021 satu per satu telah dapat kita mulai pengerjaannya.
Disamping beberapa kegiatan pembangunan strategis dan menelan anggaran yang relatif besar tersebut, juga masih banyak program kegiatan lain yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi.
Pemerintah Kota Bukittinggi juga tidak lupa memperhatikan pembangunan yang bersifat non fisik, diantaranya adalah Penindakan penyakit masyarakat, Patroli Jum’at Syariah, Sekolah Keluarga, Program Kota Layak Anak, Promosi Produk Unggulan Usaha Kecil dan Menengah, Pembinaan bagi Pengusaha Mikro, Pelatihan tenaga kerja,  Bantuan Modal untuk Sektor Usaha Mikro dan Kecil.

Selain capaian kemajuan tersebut, atas kinerja dan prestasi yang telah dilakukan, Pemerintah Kota Bukittinggi pada tahun 2018 juga banyak memperoleh prestasi baik tingkat internasional, regional, nasional maupun propinsi. Adapun rincian penghargaan yang kita peroleh selama tahun 2018 tersebut adalah, 1 penghargaan tingkat internasional, 39 penghargaan tingkat nasional, 1 tingkat regional dan 97 tingkat provinsi dan kontingen Kota Bukittinggi pada Porprov ke XV Tingkat Propinsi Sumatera Barat pada bulan November yang lalu, berada di posisi 3 besar dengan raihan medali 72 emas 85 perak 87 perunggu. Dan berada di bawah Kota Padang dan tuan rumah Kabupaten Padang Pariaman.

Atas berbagai prestasi dan capaian yang telah diraih oleh Kota Bukittinggi, kami menghaturkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berpartisipasi secara aktif demi terjalinnya kerjasama dan sinergitas antara pemerintah daerah dengan masyarakat dan stakeholder terkait. Karena semua prestasi tersebut pada dasarnya adalah buah dari kerja keras seluruh masyarakat Kota Bukittinggi,”jelas Ramlan Nurmatias.

Walikota menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Pimpinan dan anggota DPRD serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atas kemitraan dan kerjasama yang telah kita bangun selama ini. Alhamdulillah atas dukungan DPRD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, hampir semua program dapat kita jalankan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan. Semoga kebersamaan yang telah kita rajut ini dapat terus kita pertahankan dan lebih kita tingkatkan lagi demi Kota Bukittinggi yang kita cintai ini.
Dan pada kesempatan ini juga tidak lupa kami haturkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan oleh para ninik mamak serta tokoh-tokoh masyarakat untuk mensukseskan berbagai program pembangunan di kota yang kita cintai ini tersebut,”ujar Walikota.

Ketua Kerapatan Adat Kurai (KAK) V Jorong, Y. DT. Yang Pituan, menyampaikan, usia Kota Bukittinggi sudah 234 tahun, usia yang cukup tua. Namun dari kasat mata, wajah kota semakin mempesona. Banyak pembangunan yang telah mulai dilakukan. Bukittinggi dengan luas 25 km², memang sangat perlu dikelola dengan baik.
“Kami dari tokoh adat Kurai V Jorong, Bukittinggi siap mendukung kegiatan pemko dan siap juga sebagai ‘tampek baiyo’ dalam setiap pembangunan yang dilaksanakan. Kami juga berharap, setiap kegiatan tetap menjunjung tinggi falsafah adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah,”ujar DT. Yang Pituan.

Kepala BKPSDM Sumbar yang mewakili Gubernur, Dr. H. jefrinal Arifin, SH, M. SI, menyampaikan, Bukittinggi telah dibentuk sejak 22 desember 1784. Pada usia 234 tahun, Bukittinggi diharapkan menjadikan momen ini untuk evaluasi diri dan membuat prediksi memacu roda pembangunan.
“Kita disadarkan kembali untuk terus berupaya mensejahterakan masyarakat. Peringatan HJK bukan sekedar uforia, namun harus dijadikan sebagai evaluasi dan prediksi kedepan untuk bekerja lebih baik. Pemko Bukittinggi harus mampu memaksimalkan potensi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan semua harus didorong untuk mempu beradaptasi dengan perkembangan tekonologi,” ujar Jefrinal Arifin.

Pada peringatan Hari Jadi Kota ke 234 ini Pemerintah Kota Bukittinggi memberikan anugerah piagam penghargaan kepada 4 orang tokoh yang pernah berjasa dan mengharumkan nama Kota Bukittinggi, piagam penghargaan kepada Kapolres Bukitttingi dan kepada 4 perusahaan sebagai pembayar pajak hotel dan pajak restoran terbesar dengan laporan dan pembayaran tepat waktu pada tahun 2017 serta penghargaan kepada Nagari Sungai Tanang yang telah berperan penting dalam pembangunan dan pengembangan Sumber Air Sungai Tanang sebagai salah satu sumber air bersih PDAM Tirta Jam Gadang Bukittinggi. (fadhil)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top