bukittinggi.info bukittinggi.info Author
Title: DPRD Sayangkan Kurangnya Pengawasan Pada Berbagai Kegiatan Proyek Di Bukittinggi
Author: bukittinggi.info
Rating 5 of 5 Des:
Bukittinggi.info               Anggota Komisi III DPRD Kota Bukittinggi Jon Edwar, ST sangat menyayangkan banyaknya kegiatan pembangunan ...
Bukittinggi.info              
Anggota Komisi III DPRD Kota Bukittinggi Jon Edwar, ST sangat menyayangkan banyaknya kegiatan pembangunan pisik atau Insfrakstruktur  di kota Bukittinggi yang bermasalah, terutama dalam kualitas pekerjaan. Persoalan itu terjadi jelas akibat kurangnya pengawasan yang dilakukan pihak Konsultan Pengawas serta PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dari kegiatan pembangunan tersebut.
          
Jon Edwar mengatakan, secara kasat mata, memang terlihat jelas banyaknya pekerjaan Infrastruktur di kota Bukittinggi yang kualitas pekerjaannya dipertanyakan. Bahkan ada volume pekerjaan yang dibawah schedule.
“Kondisi ini jelas sangat merugikan pemerintah kota Bukittinggi yang punya kegiatan, termasuk DPRD yang menganggarkan untuk kegiatan Pembangunan. Uang untuk pembangunan fisik itu cukup besar kita anggarkan, tetapi hasinya sangat mengecewakan,”kata Jon Edwar. di gedung DPRD Bukittinggi, Rabu (14/11).

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Bukittinggi itu menilai, salah satu faktor tidak maksimalya hasil pembangunan fisik yang ada saat ini, ditenggarai karena kurangnya pengawasan yang dilakukan pihak konsultan pengawas dan dari PPK sendiri. Sebagai konsultan pengawas, bukan hanya melihat orang bekerja, tetapi mengawasi, apakah yang dikerjakan itu sudah sesuai dengan kontrak yang ditandatangani atau tidak.

Begitu juga dengan PPK, yang harus bertanggungjawab dengan kegiatan pembangunan yang dipercayai. Sebagai PPK tidak hanya menerima laporan tertulis dari pihak pelaksana dan konsultan pengawas, tetapi harus turun ke lapangan, untuk membuktikan, apa yang dilaporkan pelaksana pekerjaan atau konsultan.

“Kalau ada yang melenceng atau tidak sesuai dengan kontrak, jangan takut untuk menegurnya. Sebagai anggota DPRD, kita tidak ingin kegiatan pembangunan fisik itu tidak berkualitas, sebab yang dianggarkan untuk pembangunan itu uang rakyat melalui pajak yang dibayar. Tentu uang itu kita mamfaatkan untuk pembangunan yang berkualitas,"ujar Jon Edwar yang juga Ketua DPD Golkar Kota Bukittinggi.

Jon Edwar berharap, pemerintah kota, harus dapat membentuk tim evaluasi dan monitoring terhadap kegiatan infrastruktur ini. Tim tersebut nantinya melakukan evaluasi dan monitoring satu kali dalam sebulan. “Ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka pengawasan kegiatan pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan,”tutup Jon Edwar. (fadhil)
 
Top