bukittinggi.info bukittinggi.info Author
Title: DPRD Bukittinggi Kembali Gagas Ranperda Inisiatif Tentang Ketahanan Keluarga
Author: bukittinggi.info
Rating 5 of 5 Des:
Bukittinggi.info                     Anggota DPRD Bukittinggi pada rapat gabungan komisi akhir September lalu telah melakukan kesepakatan...
Bukittinggi.info                    
Anggota DPRD Bukittinggi pada rapat gabungan komisi akhir September lalu telah melakukan kesepakatan untuk menggagas lahirnya beberapa ranperda inisiatif, dimana salah satunya tentang ketahanan keluarga. Hal ini didasarkan pada pentinganya peran keluarga yang diibaratkan sebagai miniatur negara.

Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda), Ibnu Asis, S.Tp menjelaskan, ranperda inisiatif tentang ketahanan keluarga menjadi usulan prioritas utama pada Propemperda tahun 2019 mendatang. Banyak alasan dan argumentasi penting yang mendasari gagasan untuk membentuk ranperda tentang ketahanan keluarga ini.

Diantaranya, Tim Penggerak PKK Kota Bukittinggi telah lebih dahulu menginisiasi lahirnya program “sekolah keluarga” sejak tahun 2017 lalu yang diharapkan akan menjadi bekal dasar bagi pembentukan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah di kota Bukittinggi. Kedua, keluarga merupakan“Madrasah” pertama sebagai wadah pembelajaran dan pembentukan nilai-nilai mental spiritualitas dan karakteristik utama bagi para anggotanya.Ketiga, falsafah pendidikan nasional; raih prestasi, junjung tinggi budi pekerti, nantinya akan sangat sejalan dan senafas dengan ranperda ini. Keempat, motto pendidikan berbasis aqidah di kota Bukittinggi yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 lalu akan semakin memperkuat dan memperkaya literatur ranperda ini nantinya dan Kelima, agenda nasional berkenaan dengan Program Keluarga Harapan sejatinya akan menjadi barometer terhadap kesuksesan pelaksanaan ranperda ini di lapangan,”jelas Ibnu Asis, Jumat (30/11).

Ibnu Asis mengatakan, lahirnya ranperda tentang ketahanan keluarga, diharapkan akan semakin memberi jalan dan kesempatan yang terbuka bagi setiap warga, untuk dipersiapkan menjadi keluarga yang tangguh, sehat, mandiri, berkualitas, harmonis dan terhindar dari segala bentuk penyakit sosial masyarakat.
“Kami sangat antusias dan optimis, perumusan dan penyusunan Naskah Akademik serta rancangan perda Ketahanan Keluarga akan dapat dimulai pada awal masa sidang pertama tahun 2019. Dan Insyaallah kita akan upayakan bekerjasama kembali dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumbar untuk prosesi legislasi formal beserta stakeholder terkait lainnya,"kata politisi dari fraksi PKS itu. (fadhil)
 
Top