Bukittinggi info Bukittinggi info Author
Title: PEMKO BUKITTINGGI LAKUKAN ROTASI DAN MUTASI PALING BESAR DIAKHIR TAHUN 2016
Author: Bukittinggi info
Rating 5 of 5 Des:
Bukittinggi.info               Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bukittinggi kembali melakukan rotasi dan mutasi yang keempat diakhir tah...
Bukittinggi.info              
Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bukittinggi kembali melakukan rotasi dan mutasi yang keempat diakhir tahun 2016 ini, dimana rotasi dan mutasi yang dilakukan tersebut terbilang yang sangat besar, karena akan berlangsung selama 3 (tiga) hari berturut-turut mulai dari tanggal 28-30 Desember 2016 yang diadakan dihalaman Balai Kota Bukit Gulai Bancah.
Selain melakukan mutasi dan rotasi juga dilakukan pelantikan dan pengukuhan  pejabat pemerintahan pada jabatan struktural eselon II, III, dan IV pada 26 jajaran Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemko Bukittinggi sebanyak 252 orang, pada hari Rabu (28/12) dan sebanyak 241 pada hari Kamis (29/12).

Walikota Bukittinggi HM. Ramlan Nurmatias, SH dalam sambutannya menyampaikan, terhadap Aparatur Sipil Negara, yang tidak disiplin dalam pekerjaan akan kita tindak.
Saya tidak ingin lagi melihat pegawai yang lalai. Saya akan tindak tegas ASN yang terbukti kerjanya datang terlambat, pulang cepat, kerja tidak selesai. Ini akan kita pantau terus. Sanksi tegas akan kita berlakukan. Semua sama. Kalau terbukti lalai, tidak disiplin, melanggar aturan, siapapun ASN nya akan kita tindak tanpa pandang bulu.

"Upaya ini dilakukan untuk menjaga marwah Aparatur Sipil Negara sebagai pejabat pemerintahan yang diambil sumpahnya dan wajib mendahulukan kepentingan negara dari pada kepentingan pribadi. Ini didasarkan pada Undang-Undang Kepegawaian yang berlaku di Indonesia,”ujar Ramlan Nurmatias.

Ramlan Nurmatias menjelaskan, Sesuai dengan PP No.18 tahun 2016 perlu dilakukan Pelantikan pejabat struktural pemerintahan dalam rangka perubahan SOTK menjadi SOPD. rotasi, mutasi dan promosi yang dilakukan kepala daerah adalah hal yang wajar dalam sebuah pemerintahan dan mengikuti peraturan pemerintah dari Pusat untuk melakukan penyegaran.

"Hal itu bertujuan bagaiman organisasi lebih kuat lagi dengan adanya penyegaran dalam SKPD dan perbaikan terhadap kinerja aparatur sipil negara. “Kita menempatkan ASN pada disiplin ilmunya, kita tata kembali susunan pejabat struktural sesuai dengan arahan PP 18. Tidak ada titipan dalam pelantikan ini,"jelas Ramlan.

Kepada wartawan Walikota mengatakan, Hari ini kita mengukuhkan pejabat eselon II. Sedangkan yang dimutasi adalah eselon III dan IV.” Pengukuhan dan pelantikan ini sesuai dengan peraturan pemerintah No.18 tahun 2016 dimana SOTK diganti menjadi SOPD. Kita punya 26 SOPD di Pemerintahan Kota Bukittinggi yaitu, 17 Dinas, 2 Sekretariat, 3 Badan, 3 Kecamatan , dan 1 Inspektorat.
Eselon II dikukuhkan sampai akhir tahun, dan awal tahun nanti akan dilelang. Eselon III ke Eselon II wajib dilelang karena tidak akan ada kantor di aturan SOPD baru, yang ada hanyalah dinas.

Selain proses mutasi dan pengukuhan tersebut, Pemko Bukittinggi juga dilakukan penarikan seluruh kendaraan dinas pegawai. Hal ini berkaitan dengan penyesuaian posisi dan jabatan para pegawai dengan struktur yang baru.
Kendaraan dinas untuk sementara kita tarik. Motor kita tempatkan di DPKAD dan Mobl dinas di parkiran Balikota Bukittinggi, tapi itu tidak akan lama-lama.
"Hal ini kita sesuaikan dengan susunan organisasi perangkat daerah (SOPD) baru. Jika semua posisi telah diisi, kendaraan dinas akan kita serahkan kembali kepada pejabat, sesuai dengan jabatan mereka,”kata Ramlan kepada wartawan usai pelantikan.(fadhil)
 
Top