Bukittinggi info Bukittinggi info Author
Title: MUSREMBANG TINGKAT KOTA RESMI DIBUKA WALIKOTA BUKITTINGGI
Author: Bukittinggi info
Rating 5 of 5 Des:
Bukittinggi.info Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Bukittinggi tahun 2076, resmi di...
Bukittinggi.info
Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Bukittinggi tahun 2076, resmi dibuka oleh Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias, SH, bertempat di Aula Balai Kota, Senin (11/4).

Hadir dalam pembukaan Musrembang tingkat Kota itu, unsur pimpinan DPRD Kota Bukittinggi Beny Yusrial, S.IP (Ketua), H.Trismon, SH dan Yontrimansyah, SE (Wakil Ketua), Ketua Komisi I M.Nur Idris, SH, Wakil Walikota H.Irwandi, SH, Forkompinda, Ketua Pengadilan Negeri dan ketua Pengadilan Agama Kota Bukittinggi, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, (Ismunandi Syofyan), Kepala Bappeda Provinsi Sumbar, Kepala Dinas/SKPD Kepala bagian Setda, Camat, Lurah se Kota Bukittinggi, Kepala BUMD/BUMN, Pengurus LPM, Ormas dan profesi, Asosiasi Perbankan, Perguruan tinggi negeri/swasta, niniak mamak, Cadiak Pandai, Alim Ulamo, Bundo Kanduang serta undangan lainnya.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias, SH dalam sambutannya mengatakan, Musyawarah Rencana Pembangunan  (Musrembang) merupakan even formal yang diatur dengan peraturan perundang-undangan untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang partisipatif atau kita kenal dengan Botton Up System.

Di murembang dipertemukan perencanaan  yang berasal dari kajian Teknokratik pemerintah, arahan nasional dan provinsi serta sikronisasi berbagai dokumen perencanaan terkait lainnya aspirasi masyarakat.
"Yang tujuannya adalah untuk memyerpurnakan rancangan perencanaan yang sudah disusun pemerintah dengan realita lapangan yang dirasakanoleh masyrakat, stakeholder, praktisi dan pelaku usaha,"kata Ramlan Nurmatias.

Ramlan Nurmatias menjelaskan, Pemerintah melalui edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 050/795/SJ Tahun 2016 yang menyatakan bahwa penyusunan RKPJ, Program Prioritas Nasional, Provinsi, dan rancangan RPJMD yang memuat visi dan misi walikota terpilih.
Maka dengan demikian, Perencanaann tahun 2017 ini merupakan salah satu tahapan untuk mengantarkan Bukittinggi pada pencapaian visi yang telah kami angkat.
"Terwujudnya Bukittinggi Kota Tujuan Pariwisata, Pendidikan, Kesehatan, Perdagangan dan Jasa berlandaskan Nilai-nilai Agama dan Budaya,"
    
Ramlan menginginkan adanya upaya maksimal pemanfaatan potensi dan kondisi alam Bukittinggi yang indah dan sejuk lewat pariwisata berupa peningkatan kunjungan wisata dan rata-rata lama tinggal di Bukittinggi. Pengembangan potensi ini akan mengangkat kesejahteraan masyarakat Bukittinggi.

Untuk itu butuh penataan kota yang lebih indah, sejuk dan menyenangkan. Taman-taman kota yang menarik, seluruh tempat dan area kota yang bersih, perlakuan yang menyenangkan dari seluruh warga kota, pencahayaan yang menarik dan perluasan pedestrian. Upaya ini akan kita mulai tahun ini dengan menghadirkan pakar tata kota dan landscape. Ada beberapa titik dan area yang akan menjadi prioritas untuk ditata. 2017 akan dimulai pembangunan infrastruktur fisiknya.

Untuk keamanan, kenyamanan dan kebersihan Bukittinggi, telah kita mulai stimulan gotong royong jumat bersih di berbagai pusat ekonomi kota, penertiban kota dengan penataan terminal dan berbagai titik ngetem kendaraan antar kota serta para pedagang di pasar-pasar yang ada, pengukuhan Satuan Kerja Keamanan dan Ketertiban Kota (SK4) yang melibatkan seluruh pihak terkait, razia keamanan dan ketertiban untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dan pengunjung terutama untuk memberantas berbagai penyakit masyarakat.

Kita juga akan merevitalisasi pusat-pusat ekonomi kota untuk mendukung  kepariwisataan di Bukittinggi guna memasarkan produk usaha dan industri masyarakat. Selain itu untuk meningkatkan daya tarik wisata. InsyaAllah tahun ini akan mulai dilakukan revitalisai TMSBK menjadi Kebun Binatang yang representatif yang pemnbiayaannya berasal dari APBN.

Kota Bukittinggi juga akan dijadikan sebagai Kota Konvensi bertaraf internasional .Untuk mencapai target ini dibutuhkan penambahan hotel berbintang dengan jumlah kamar yang memadai dan ruang konvensi itu sendiri.

Pada tahun 2017 nanti, kita juga diharapkan akan mulai  dilakukan pembangunan gedung DPRD yang representatrif. dimana keberadaan gedung ini akan  mendukung kinerja daerah dan mengurangi titik kemacetan yang terjadi pada gedung yang ada sekarang.

Sementara pembangunan yang kita rencanakan pada tahun 2017 nanti dari sisi ekonomi makro memiliki target yaitu perbaikan ekonomi nasional akan semakin berdampak terhadap kota yang berbasis pada jasa-jasa, pengendalian inflasi di Bukittinggi tahun 2017 berada di angka 5,6%-5,7% dan persentase kemiskinan ditargetkan menurun menjadi 4,5% dari 4,96% tahun sebelumnya. Semua asumsi makro ini diharapkan diturunkan dalam program strategis RKPD tahun 2017 dan kegiatan strategis renja SKPD.

Untuk itu mewujudkan cita-cita bersama ini pada tahun 2017, dibutuhkan kerjasamadan dukungan seluruh pihak. Penyempurnaan RKPD melalui Musrembang ini menjadi bagian penting, begitu juga dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang perlu dilihat secara mendalam untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

"Pokok pikiran-pokok pikiran dari DPRD sebagai representasi masyarakat juga akan memperkaya RKPD Kota Bukittinggi, sehingga terjadi kesamaan persepsi  dalam pembahasan berikutnya hingga menjadi wujud sebagai APBD,"jelas Ramlan.

Sementara panitia pelaksana Musrenbang Albertiusman  melaporkan, kita telah menyelesaikan musrenbang tingkat Kelurahan hingga kecamatan. Termasuk telah dilaksanakan Forum SKPD untuk menyelaraskan Renja SKPD dengan Rancangan RPJMD, Isu dan Masalah Aktual, hasil musrenbang kelurahan dan kecamatan serta kinerja penanggulangan kemiskinan. Pada musrenbang RKPD ini akan dilakukan penyempurnaan rancangan RKPD dengan memperhatikan masukan dari seluruh stakeholders, kebijakan Pemprov Sumbar dan pokok-pokok fikiran DPRD dan kondisi ekonomi makro.

Hasil Musrenbang tingkat kota ini selanjutnya akan dijadikan bahan dalam penyempurnaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kota Bukittinggi dan Rencana Kerja SKPD tahun 2017 yang ditetapkan dengan Peraturan Walikota dan Peraturan Kepala SKPD.

"Acara Musrembag Kota ini dilaksanakan satu hari dengan rangkaian acara sebagai berikut, sambutan dan Pembukaan Musrembang oleh Walikota, Peleno Tentang Bappeda Provinsi tentang Rancangan PKPD Provinsi 2017, Pokok-pokok pikiran DPRD Kota Bukittinggi leh Ketua DPRD, Prioritas pembangunan  tahun 2017 oleh Bappeda Kota Bukittinggi dan pembahasan perkelompok," ujar Sekretaris Bappeda Kota Bukittinggi itu.(fadhil)
 
Top